Legenda Dino Zoff “Hanya Tim Semenjana” Menilai Timnas Italia

Pada 3 Juli 2016 di Stade de Bordeaux Perancis, usai dikalahkan Jerman kekecewaan tampak dari raut muka para pemain timnas Italia dalam babak pertandingan di perempat final Piala Eropa. Untuk pertama kalinya dalam turnamen besar terdapat delapan pertandingan Italia Dikalahkan oleh Jerman.

 

Dino Zoff Penjaga gawang atau kiper Legendaris Timnas Italia, mengatakan asbun atau bukan asal saja buka suara kalau timnas Italia hanya Tim semenjana. Zoff telah mengetahui benar arti dari peribahasa tersebut yang berarti bahwa dalam seluruh perbuatan dan perkataan hendaklah setiap orang untuk selalu tetap berhati-hati.

 

Ada peribahasa, “jika berkata peliharakan lidah, jika berjalan peliharakan kaki”. Ini merupakan himbauan agar jika bersikap kita tidak sembarangan atau sembrono agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan apalagi jika sampai membuat orang lain merasa kecewa atau terluka. Ini yang dibatinkan dan diketahui oleh Zoff di Piala Dunia 2016 saat menyatakannya komentar tentang Bagaimana Prestasi Oleh Tim Nasional Italia bukan hanya sebagai Tim semenjana.

 

Dikutip dari salah satu majalah sepak bola terkenal Italia, Zoff menyatakan bahwa untuk saat ini Tim Nasional Italia adalah Tim semenjana saja menurut kategorinya. Dalam turnamen berskala besar bukan termasuk tim favorit, entah dalam kategori di dunia atau di daratan Eropa saja.

 

Zoff pun tidak merasa pongah. Membawanya meraih gelar juara di Piala Dunia 1982, predikat juara telah diraih oleh Italia. Serta menggapai sampai babak final pada Piala Dunia 2000, ketika skuad Azzuri sebagai pelatih selalu bersama selama meniti karirnya.

 

Soal penunjukan pelatih Timnas Italia saat itu Giampiero Venture ia pun berkomentar soal itu. Pertunjukan untuk sepak bola Italia inilah babak baru akan dimulai untuk membuktikan bukan hanya sekedar tim semenjana. “Karena tidak punya lawan dalam Juventus, maka kejuaraan disini tidak ada lagi”, tutur Dino Zoff kepada salah satu Radio di Napoli.

 

Milan, Roma, dan Napoli mungkin saja pada musim lalu akan dapat menyulitkan sang juara bertahannya. Dalam babak 16 besar kita mutlak harus berusaha agar bisa lolos di Liga Champions ini. Semangat harus terus berkobar supaya Tim Nasional Italia tidak dianggap sebagai tim semenjana saja tetap bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan membanggakan bagi para rakyatnya.

 

Tahun ini begitu sangat menentukan dan penting, menurut Venture. Para pemain handal wajib membela timnas sampai akhir dan ini hal yang mutlak. Ini karena Timnas kita hanya dianggap sebagai tim semenjana saja saat Piala Eropa yang lalu.

 

Untuk memperkuat Timnas Italia, maka Donnarumma merupakan pemain yang bertalenta dilirik oleh Zoff untuk Timnas Italia bukan sebagai tim semenjana. “Sungguh hal yang paling membanggakan saat mendapat panggilan serta diberikan kepercayaan dari sekuat timnas Italia. Ketika masih berumur 17 tahun ia pun sudah menjadi pemain starter di Milan. Menurut Zoff, penampilan yang berkualitas saat bermain itu semua harus dia buktikan bersama timnas Italia.