“Johan Cruyff Arena” Nama Baru Untuk Stadion Amsterdam

Tersirat kabar mengejutkan yang datang dari gelanggang stadion Amsterdam untuk mengubah nama baru stadion Amsterdam menjadi “Johan Cruyff Arena”. Nama baru untuk stadion Amsterdam tersebut diambil dari nama seorang pemain academy Ajax.

 

Melegendanya sebuah permainan sepak bola bukan hanya akan menyebutkan nama klub terbaiknya, tetapi juga menyebutkan tempat pertandingan berlangsung. Nama stadion menjadi salah satu hal yang ikut terkenal. Maka dari itu, adanya perubahan nama baru stadion Amsterdam bukan hal yang mudah. Karena masyarakat dunia sudah terlanjur mengenal nama stadion ini.

 

Johan Cruiyff sendiri adalah pemain kawakan yang sudah malang melintang di dunia persepak bolaan Amseterdam. Dia sudah memulai karirnya sejak tahun 1964. 53 tahun lamanya Johan meniti karirnya. Sebuah karir yang bukan main-main.

 

Adanya isu nama baru stadion Amsterdam ini muncul setelah ada pernyataan dari situs resmi Ajax Amsterdam. Di situs resminya, Johan menyatakan bahwa Stadion Amsterdam Arena akan diubah menjadi “Johan Cruyff Arena”. Langsung, pemberitaan tersebut menjadi viral di seluruh media Eropa.

 

Menanggapi nama baru stadion Amsterdam menjadi “Johan Cruyff Arena” ini, beredar pemberitaan bahwa pemerintahan Belanda menyetujuinya. Namun, belum ada kesepakatan yang lebih lanjut tentang kapan perubahan nama tersebut akan dilaksanakan.

 

Ada latar belakang dari adanya pemberian nama baru stadion Amsterdam. Perubahan nama ini adalah rangkaian pemenuhan sebuah perjanjian antara tata kelola di stadion Amsterdam dengan keluarga pemilik stadion. Dan keluarga Cruyff adalah nama keluarga tersebut.

 

Perubahan nama baru stadion Amsterdam ini langsung dilakukan untuk mengenang jasa Johan Cuyff sebagai salah satu pemain sepak bola handal di Amsterdam, tepatnya pemain tim Ajax Amsterdam. Sejak meninggalnya Johan satu tahun lalu, tanggal 24 Maret 2016, banyak orang akan selalu mengenangnya dengan menjadikan namanya sebagai nama stadion Amsterdam.

 

Dengan adanya nama baru stadion Amsterdam ini, pihak keluarga Johan Cuyff merasakan kebanggaan tersendiri. Mereka bangga karena nama besar keluarganya dijadikan nama stadion raksasa Amsterdam. Hal ini juga diungkapkan langsung oleh anak Johan Cuyff, yakni Jordi Cuyff.

 

Semasa hidupnya, Johan Cuyff memiliki banyak prestasi yang gemilang. Dia layak dinyatakan sebagai pemain sepak bola handal. Permainan sepak bolanya sudah mendarah daging, sehingga permainannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

 

Banyak prestasi yang sudah ditorehkannya, yakni mendapatkan dua gelar Erevidise dan satu gelar dari KNVB Cup. Bukan hanya itu, ada 15 gelar lain yang telah diraihnya. Ada 6 penghargaan Erevidise dan Piala Super Eropa pada tahun 1972, serta pada tahun 1973 sampai dengan 1974 Johan juga mendapatkan gelar La Liga.

 

Pemberian nama baru stadion Amsterdam ini bukan tanpa alasan. Tidak sembarang orang yang namanya bisa dipakai untuk menggantikan nama stadion raksasa di Amsterdam. Hanya orang-orang terpilih yang melegenda saja yang patut diabadikan namanya. Johan Cuyff adalah salah satunya, sang pemain sepak bola handal yang menjadi legenda Amsterdam.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.