Butland Menikmati Persaingan Posisi Kiper Utama Inggris di Piala Dunia 2018

Jack Butland, 25 tahun, kiper Stoke City mengaku senang dan menikmati perebutan tempat  sebagai Kiper utama timnas Inggris untuk Piala Dunia di Rusia Juni nanti. Butland bersaing ketat dengan Joe Hart, Nick Pope, dan Jordan Pickford.

Menurut Butland, dengan adanya sebuah kompetisi membuat latihan mereka menjadi lebih intens, hingga sampai saat Pelatih memutuskan siapa yang akan  menempati posisi itu, dia dan yang lainnya akan menunjukan dan berusaha menjadi yang terbaik, menurutnya ini merupakan cara yang bagus menuju Piala Dunia, dan fakta hingga saat ini belum ada keputusan southgate menunjukan bahwa kompetisi masih berjalan dengan hebat.

Inggris akan menghadapi Italia dalam laga persahabatan di Wembley pada Rabu (28/3) dinihari WIB. Pada laga ini, Butland kemungkinan akan menjadi pilihan utama Southgate,  sementara itu Jordan Pickford kiper Everton tampil bagus bersama tim Inggris kala menang 1-0  menghadapi Belanda Jumat lalu, dan dari dua penampilannya bersama Inggiris Pickford berhasil mencetak cleansheet. Sedangkan Joe Hart menang pengalaman, namun performanya musim ini bersama West Ham belum memuaskan.

Sementara itu, Nick Pope merupakan Kiper debutan, dia tampil apik bersama Burnley musim ini, meskipun persaingan sangat ketat, menurut Butland, dia tidak merasakan tekanan, tetapi dengan adanya rivalitas tersebut akan meningkatkan standar permainan mereka.

Butland sering disebut sebagai kiper masa depan Inggris, penerus Joe Hart, performanya bersama Stoke City cukup bagus, meski Stoke musim ini terdampar di zona degradasi. Butland sudah memiliki 6 caps bersama Inggris, dan turut serta mengantar Inggris ke Piala Eropa 2016, namun dia mengalami cedera engkel parah sebelum turmanen dimulai sehingga gagal ikut turnamen tersebut.

Menurut Gareth Southgate, empat kiper ini  untuk laga laga persahabatan bulan ini, dan dia belum akan memutuskan  siapa yang akan menjadi pilihan utama di Piala Dunia nanti, kemungkinan dia akan memutuskan pada awal minggu sebelum turnamen empat tahunan ini dimulai. Menurutnya seperti yang dikutip Sky Sports “Mereka adalah keputusan yang sulit untuk melangkah lebih jauh, tetapi ada banyak hal yang harus dimainkan dan penting bagi kami untuk bersaing dimana saja di lapangan, itulah salah satu hal yang menghasilkan performa yang baik”.